Jumat, 20 September 2024

Flip, Aplikasi Free Biaya Admin Transaksi Antarbank

Flip, Aplikasi Free Biaya Admin Transaksi Antarbank

Bagi sebagian orang, melakukan transfer uang antar bank adalah hal yang paling menyebalkan. Pasalnya ada biaya administrasi yang harus ditanggung sebesar Rp 6.500 setiap kali melakukan transfer. Padahal, sudah ada aplikasi digital yang dapat memangkas biaya yang dibebankan kepada nasabah itu, salah satunya Flip.

Aplikasi seperti ini sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis untuk mengurangi biaya yang tidak diperlukan. Nah, bagi yang belum mengetahui Flip, silakan disimak ulasannya berikut ini.

Apa itu Flip? Flip adalah aplikasi untuk transfer antar bank tanpa biaya administrasi. Hingga kini, aplikasi Flip bahkan telah membantu banyak masyarakat terutama pelaku bisnis di Indonesia menghemat biaya transfer hingga miliaran rupiah.

Cara Kerja Flip

Flip memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut penjelasannya.
  1. Pertama, pengguna harus memasukkan nomor rekening bank tujuan bertransaksi.
  2. Setelah itu, Flip akan melakukan verifikasi data nama pemilik rekening. Setelah muncul, klik OK.
  3. Kemudian, pengguna hanya perlu memasukkan jumlah atau nominal transaksi yang akan dikirimkan ke rekening tujuan di aplikasi Flip.
  4. Lalu pilih metode pembayaran. Flip memiliki banyak metode pembayaran antarbank yang dapat memudahkan penggunanya dalam menggunakan aplikasi.
  5. Setelah memilih metode pembayaran (misalnya menggunakan rekening Mandiri), aplikasi akan memberikan nomor rekening perusahaan Flip.
  6. Setelah itu, pengguna hanya tinggal mengirimkan dana sesuai dengan nominal dan kode unik yang diberikan.
  7. Jika pengguna sudah melakukan transfer dana, simpan bukti transaksi, dan unggah ke aplikasi Flip.
  8. Apabila bukti transaksi sudah diunggah, pengguna tinggal menunggu dana yang sudah ditransfer diteruskan ke rekening tujuan.

Flip Memiliki 2 Metode Transaksi

Aplikasi ini memiliki dua metode transaksi, yaitu transaksi gratis dan transaksi instan.
  1. Transaksi gratis
Transaksi gratis dari Flip ini benar-benar tidak dikenakan biaya sepeserpun kepada pengguna. Pengguna yang menggunakannya untuk melakukan transaksi hanya akan diberikan semacam kode unik. Sebagai contoh, misalnya kamu ingin mentransfer dana sejumlah Rp 150 ribu. Aplikasi Flip akan meminta kamu mengirim dana sebesar 150.239 ke rekening perusahaan.

Baca Juga

13 Perjanjian Baru Pertamina untuk Program Perhutanan Sosial yang Lebih Baik

Nominal 239 tersebut berfungsi sebagai kode unik yang menandakan transaksi tersebut berasal dari rekening kamu. Secara sederhana, kode itu akan memudahkan aplikasi dalam melakukan tracking dana yang diterimanya. Kode unik yang kamu terima setiap melakukan transaksi di Flip tidak akan pernah sama.

Kode unik tersebut juga akan terakumulasi menjadi saldo pengguna di akun Flip yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakannya untuk membeli pulsa, token listrik, atau bahkan menariknya kembali ke rekening pribadi.

  1. Transaksi instan
Berbeda dengan transaksi gratis, transaksi Flip instan dikenakan biaya sebesar Rp 900. Perbedaan transaksi instan dengan transaksi gratis adalah waktu aplikasi untuk memproses atau meneruskan dana ke rekening tujuan jauh lebih cepat.

Jika menggunakan transaksi gratis, aplikasi membutuhkan waktu 1 hingga 25 menit. Pengguna yang memakai fitur transaksi instan tidak perlu menunggu waktu yang lama. Sehingga metode transaksi instan ini akan sangat dibutuhkan dalam keadaan super mendesak.

Ketentuan Menggunakan Aplikasi Flip

Dalam menggunakan aplikasi Flip, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan oleh pengguna. Apa saja sih? Berikut penjelasannya.
  1. Saat menggunakan Flip, pengguna dapat melakukan transaksi sebanyak-banyaknya. Meski begitu, Flip menetapkan limit nominal harian untuk melakukan transfer bebas biaya admin, yaitu sebesar Rp 5 juta. Ketentuan terbaru, Flip juga menetapkan total transaksi menggunakan transfer gratis antar bank, yaitu sebanyak 10 kali dalam sehari. Jika pengguna melakukan transaksi lebih banyak dari itu, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 per transaksi. Masih cukup murahlah, ya?
  2. Flip memiliki jam layanan yang cukup panjang untuk melakukan transaksi. Kamu dapat melakukan transfer menggunakan Flip dari jam 7 pagi hingga 8 malam. Jika lewat dari jam tersebut, maka transaksi akan diproses keesokan harinya.
  3. Salah satu keunggulan dari Aplikasi Flip adalah menyediakan atau menerima refund dana apabila pengguna salah memasukkan nominal atau kode unik ketika transfer menggunakan Flip. Cara melakukan refund juga sangat mudah, pengguna hanya perlu mengirimkan bukti transaksi yang salah tersebut. Setelah itu, Flip akan meminta nomor rekening tujuan untuk refund, dan pengguna hanya perlu menunggu hingga dana masuk ke saldo rekening.

Keamanan Aplikasi Flip

Apakah menggunakan aplikasi flip ini aman? Mungkin masih ada sebagian orang yang sulit percaya dengan aplikasi seperti Flip ini. Untuk menjawab kecemasan tersebut, yuk disimak penjelasan di bawah ini.

Flip telah mendapatkan izin usaha dari Bank Indonesia selaku bank sentral di Indonesia. Flip mengantongi lisensi tersebut pada 2 Oktober 2016 lalu dengan nomor perusahaan 18/196/DKSP/68. Artinya, segala jenis tindak tanduk Flip telah resmi diakui dan diawasi oleh Bank Indonesia, sehingga pengguna tidak perlu cemas lagi soal legalitas aplikasi ini.

Redaksi

Redaksi

insiderindonesia adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

13 Perjanjian Baru Pertamina untuk Dorong Percepatan Perhutanan Sosial

13 Perjanjian Baru Pertamina untuk Dorong Percepatan Perhutanan Sosial

PLTS Atap, Solusi Energi Hijau dari PLN Icon Plus

PLTS Atap, Solusi Energi Hijau dari PLN Icon Plus

PLN Icon Plus Raih Penghargaan: Bukti Kepercayaan Publik yang Meningkat

PLN Icon Plus Raih Penghargaan: Bukti Kepercayaan Publik yang Meningkat

13 Perjanjian Baru Jadi Langkah Pertamina untuk Hutan Sosial

13 Perjanjian Baru Jadi Langkah Pertamina untuk Hutan Sosial

6 Daftar Rekomendasi Aplikasi Pinjol Bunga Rendah

6 Daftar Rekomendasi Aplikasi Pinjol Bunga Rendah