Jumat, 20 September 2024

Bantu Persalinan di Kapal Saat Pelayaran menuju Tual, ASDP Apresiasi Nakhoda dan ABK KMP Lobster

Bantu Persalinan di Kapal Saat Pelayaran menuju Tual, ASDP Apresiasi Nakhoda dan ABK KMP Lobster

Bayi perempuan cantik itu diberi nama Azzahra Ferizy Rettop.

Tual, 1 Mei 2024 Bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Nasional tahun ini Rabu (1/5), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyampaikan apresiasi atas aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Nakhoda dan seluruh crew KMP Lobster yang beroperasi di Tual, Maluku.

Pada medio April lalu, segenap penumpang dan awak menjadi saksi kebahagiaan lahirnya seorang bayi perempuan ke dunia pada Senin (15/4) sekitar pukul 16.30 WIT, di KMP Lobster dalam pelayaran ke Tual, Maluku. Kelahiran bayi perempuan yang diberi nama Azzahra Ferizy Rettop disambut bahagia oleh seluruh penumpang dan awak kapal KMP Lobster.

Baca Juga

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Menjalin Hubungan Melalui Kunjungan

"Bertepatan dengan hari buruh ini, ASDP mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk setiap awak kapal yang telah dengan tulus melayani setiap penumpang, dan memastikan keamanan serta kenyamanan selama di perjalanan. Doa kami tentunya, bayi Azzahra yang telah lahir dengan selamat dan sehat dapat menjadi kebanggaan bagi orang tua, keluarga, bangsa, dan negara," ujar Shelvy Arifin selaku Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Berawal dari kapal KMP. Lobster yang bertolak ke Tual pada 15.50 WIT, 45 menit kemudian setelah kapal lepas tali dari Pelabuhan Kur, tiba-tiba salah satu perwira mesin yang bertugas jaga menyampaikan ke anjungan via handy talky bahwa salah satu penumpang di area car deck terlihat akan segera melahirkan dan membutuhkan persalinan segera.

Sesaat setelah mendapat laporan, Nakhoda kapal, Irwan La Musu, segera mengambil tindakan memerintahkan mualim 1 dan mualim 2 untuk melihat situasi di lokasi dan mengumumkan ke seluruh anjungan kapal untuk menanyakan jika ada tenaga kesehatan (nakes) di atas kapal.

"Rasanya tegang bercampur aduk karena di atas kapal tentu fasilitas atau peralatan kesehatan tidak lengkap seperti di Rumah Sakit. Tetapi ketika kami menyampaikan bahwa ada keluarga kami sedang membutuhkan pertolongan untuk persalinan, pihak kapal dalam hal ini kapten kapal dan ABK merespon dengan baik dan cepat. Mereka segera mengumumkan jika ada tenaga kesehatan yang di atas kapal mohon untuk segera menuju car deck karena ada yang akan melahirkan," jelas Dadang selaku pihak keluarga.

Gayung bersambut, saat crew mengumumkan keberadaan tenaga kesehatan, ada salah satu penumpang yang berprofesi sebagai bidan di Puskesmas Tubyal, Kecamatan Pulau Kur, Kota Tual bernama Sahadia Rettob dan perawat RSUD Maren Kota Tual bernama Siti Kilap yang kala itu sedang melakukan perjalanan pulang ke Tual. Kemudian tepat pukul 16.30 WIT dengan kelahiran normal terlahirlah bayi perempuan dalam keadaan sehat.

Nakhoda Irwan mengungkapkan bahwa dirinya dan crew selalu mempersiapkan diri, karena kondisi penumpang yang membutuhkan bantuan persalinan di saat pelayaran, kerap terjadi. "Tentunya kami tidak memiliki kecakapan khusus, namun prosedur, pengetahuan dan kemampuan dasar untuk membantu proses persalinan wajib kita ketahui. Seperti saat ini, alhamdullilah dapat dibantu tenaga bidan dan perawat, yang kebetulan berada di kapal. Selain itu, dalam mendukung persalinan, kami juga mempersiapkan perlengkapan dan alat-alat yang sekiranya dapat membantu penumpang tersebut," ujarnya merinci.

Manajemen ASDP juga menyampaikan apresiasi kepada Bidan Sahadia dan Perawat Siti Kilap, penumpang KMP Lobster yang berkenan membantu penumpang melakukan persalinan darurat saat pelayaran menuju Tual. "Kami berterima kasih kepada Bidan Sahadia Rettob dan Perawar Siti Kilap yang juga dengan sigap membantu sehingga proses melahirkan ini dapat berjalan lancar dan ibu serta bayinya berada dalam keadaan sehat," ujar Shelvy.

Bayi yang telah lahir tersebut kemudian segera dibawa oleh petugas ke ruang medis untuk penanganan lebih lanjut. Koordinasi lanjutan dilakukan bersama manager usaha serta supervisi untuk jemputan mobil ambulance di Pelabuhan Tual. Namun setelah koordinasi bersama bidan dan pihak keluarga, Ibu dan Bayi yang dalam keadaan sehat segera dibawa pulang setelah kapal merapat di dermaga.

Atas kebaikan bidan Sahadia dan juga seluruh awak KMP Lobster, orang tua bayi perempuan itu sepakat menyematkan nama putrinya Azzahra Ferizy Rettob. Penambahan nama Ferizy, yang merupakan nama aplikasi ticket online penyeberangan ASDP, dan juga Rettob yang merupakan nama dari bidan yang telah membantu persalinan bayi Azzahra.

Prosesi kelahiran di atas kapal milik ASDP ini bukanlah pertama kali terjadi. Pada September 2023, salah seorang penumpang yang sedang melakukan pelayaran dari Pelabuhan Calang, Aceh Jaya menuju Pelabuhan Kolok, Simelue menggunakan kapal KMP Aceh Hebat 1 juga melahirkan seorang putri cantik yang diberi nama Putri Aceh Hebat. Awak kapal yang saat itu bertugas juga dengan sigap membantu proses persalinan sehingga kelahiran bayi ini dapat dilakukan dengan lancar.

"Kami harap tidak hanya untuk karyawan laut tetapi juga seluruh karyawan ASDP, agar selalu dapat melayani dari hati kepada pengguna jasa. Karena apa yang dilakukan sepenuh hati dan keikhlasan, tentu kemanfaatan dan kebaikan tersebut juga akan sampai di hati juga. Dengan semangat ASDP going world class, kami akan selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas," tutut Shelvy.

KMP Lobster saat ini melayani di 5 lintasan provinsi Maluku, diantaranya lintasan Tual - Dobo, Dobo - Benjina, Dobo - Serwatu, Tual - Kur, dan Kur - Kesui dengan waktu tempuh 4 hingga 12 jam. Untuk lintasan Tual menuju Kur sendiri dapat ditempuh dalam waktu 8 jam pelayaran termasuk waktu sandar kapal selama 1 jam.

Sejak Januari hingga April 2024, total KMP Lobster telah melayani 5.483 orang penumpang dan 607 unit kendaraan yang didominasi kendaraan roda dua mencapai 565 unit. Adapun jadwal keberangkatan kapal pada bulan Mei 2024 untuk lintasan Tual - Dobo setiap hari Jumat dan Selasa Pukul 16.00, Dobo - Serwatu setiap hari Sabtu dan Rabu pukul 09.00. Lintasan Tual - Kur akan dilayani 2 kali pada tanggal 6 Mei pukul 09.00 dan 26 Mei pukul 18.00. Khusus lintasan Dobo - Benjina hanya dilayani pada tanggal 9 Mei dengan keberangkatan dari Pelabuhan Dobo pukul 09.00 dan dari Pelabuhan Benjina pukul 13.00. Sementara untuk lintasan Kur - Kesui akan dilayani pada tanggal 27 Mei dengan keberangkatan dari Pelabuhan Kur pada pukul 02.00 dan keberangkatan dari Pelabuhan Kesui pada pukul 09.00.

ASDP selalu mengingatkan kepada seluruh penumpang mohon untuk mempersiapkan perjalanan dengan kapal sejak jauh hari, dan memastikan bahwa jadwal keberangkatan kapal telah sesuai dengan yang tercantum di tiket, hal ini menghindari kesalahan jadwal. Selain itu, untuk kelancaran, keamanan dan kenyamanan di perjalanan, penumpang diminta agar tertib dan mematuhi aturan serta arahan dari petugas kapal.

CORPORATE SECRETARY PT ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO)

Redaksi

Redaksi

insiderindonesia adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

PLN Enjiniring Tandatangani Kerjasama untuk Proyek Jasa Enjiniring di Jawa Timur

PLN Enjiniring Tandatangani Kerjasama untuk Proyek Jasa Enjiniring di Jawa Timur

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Menerima Kunjungan Mahasiswa

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Menerima Kunjungan Mahasiswa

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Menjalin Hubungan Melalui Kunjungan

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Menjalin Hubungan Melalui Kunjungan

Hari Pelanggan Nasional Menjadi Semangat Haleyora Power Tingkatkan Layanan Melalui Redefining Business

Hari Pelanggan Nasional Menjadi Semangat Haleyora Power Tingkatkan Layanan Melalui Redefining Business

Pengembangan Bisnis Hulu-Hilir di Papua, Pertamina Gelar Sosialisasi AJP di Sorong

Pengembangan Bisnis Hulu-Hilir di Papua, Pertamina Gelar Sosialisasi AJP di Sorong