PLN IP UPDK Mahakam Mendorong Peningkatan Perekonomian dan Keberlanjutan Lingkungan di Kota Samarinda

Jumat, 24 November 2023 | 21:21:36 WIB

PLN IP UPDK Mahakam terus menjadi motor penggerak dalam mendukung perekonomian dan keberlanjutan lingkungan di Kota Samarinda melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Fokus program ini terletak pada aspek sosial dan lingkungan, dengan kegiatan utama seperti Pembinaan, Peningkatan, dan Penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda, serta restorasi Ekosistem Laut Muara Badak melalui Transplantasi Terumbu Karang.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menekankan komitmen perusahaan dalam berinovasi, termasuk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menciptakan Creating Shared Value (CSV) untuk memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan ekonomi, aspek sosial, kesehatan, dan lingkungan.

"Setiap program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," kata Edwin.

Salah satu keberhasilan program TJSL adalah restorasi terumbu karang yang rusak di sepanjang pesisir Muara Badak akibat pengeboman ikan. Pertumbuhan terumbu karang pulih sepenuhnya, meningkatkan sektor pariwisata dengan lonjakan wisatawan sebanyak 133%, yang pada gilirannya memberikan dampak positif pada perekonomian lokal.

UPDK Mahakam juga aktif melaksanakan pembinaan, peningkatan, dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda, melibatkan berbagai kegiatan seperti water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah, dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi. Program ini mencerminkan komitmen PLN Indonesia Power UPDK Mahakam terhadap aspek Environmental, Social & Governance (ESG).

Terkini