Inovasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN Indonesia Power Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Sabtu, 25 November 2023 | 09:47:02 WIB

JAKARTA-Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menggarisbawahi komitmen perusahaan untuk memberikan dampak positif pada ekonomi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan lingkungan di Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Edwin menyoroti bahwa setiap inisiatif TJSL yang diterapkan oleh PLN Indonesia Power dirancang untuk menciptakan Creating Share Value (CSV) dengan tujuan berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

"PLN IP terus berinovasi, termasuk melalui program CSR dengan menciptakan CSV baik untuk kepentingan korporasi maupun masyarakat, sehingga dapat berperan dalam peningkatan aspek ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan," ungkap Edwin.

Sebagai contoh, pemanfaatan Fly Ash Bricks (FABA) tidak hanya sebagai bahan bangunan tetapi juga sebagai pupuk, melibatkan berbagai lapisan masyarakat dalam proses produksinya, yang kemudian dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur di daerah, termasuk jalan tol.

Selain itu, pengolahan sampah menjadi pellet untuk cofiring memberikan kontribusi besar dalam membantu Pemerintah Daerah mengatasi masalah sampah. PLN Indonesia Power juga terlibat dalam pembinaan unit-unit yang menciptakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baru, yang terus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Prestasi PLN Indonesia Power dalam TOP CSR Award 2023 juga disoroti, dengan perusahaan berhasil meraih 18 penghargaan Five Star dengan predikat luar biasa dan Four Star dengan predikat sangat baik. Penghargaan ini diberikan kepada 9 Unit PLN Indonesia Power, masing-masing dengan kategori Top CSR Award 2023 Five Star dan Four Star, serta penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2023 yang diterima oleh pimpinan perusahaan.

Terkini