Inovasi PLN Indonesia Power: Penghargaan MURI untuk Cofiring Limbah Racik Uang Kertas

Minggu, 26 November 2023 | 11:39:56 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power PLTU Jateng 2 Adipala PGU telah menerima Piagam Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia karena prestasi dalam menggunakan limbah racik uang kertas (LRUK) sebanyak 100 Ton sebagai substitusi batubara dalam Pembangkit Listrik Tenaga Uap bersama Bank Indonesia Purwokerto.

Penghargaan ini diberikan setelah PLTU Jateng 2 Adipala berhasil melakukan uji coba Performance Test Co-firing menggunakan limbah racik uang kertas pada tanggal 1 November 2023.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menyatakan komitmen perusahaan untuk mencapai target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada tahun 2025, dengan program cofiring sebagai salah satu inisiatif utama. Program ini dianggap sebagai green booster karena memanfaatkan fasilitas yang sudah ada, mengurangi kebutuhan investasi tambahan.

"Sebagai generation company terbesar di Asia Tenggara, PLN Indonesia Power terus melakukan inovasi untuk mencapai target bauran EBT pada tahun 2025. Program cofiring menjadi salah satu pendorong utama dalam percepatan peningkatan penggunaan energi terbarukan," ungkap Edwin.

Limbah uang kertas sebanyak 100 ton diperoleh dari berbagai cabang Bank Indonesia, seperti Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, Purwokerto, Tasikmalaya, Cirebon, dan Tegal. Limbah tersebut kemudian dibakar sebagai bahan bakar dalam Boiler PLTU, menghasilkan energi listrik.

PLTU Adipala telah melakukan cofiring sejak tahun 2021 dengan uji coba menggunakan wood pellet, tahun 2022 dengan pengujian menggunakan sekam padi, dan terus melanjutkan cofiring secara kontinyu dengan saw dust. Seiring dengan peningkatan target tonase dan kWh green untuk cofiring hingga 5%, pemanfaatan berbagai jenis biomassa, termasuk Limbah Racik Uang Kertas (LRUK) melalui kerjasama dengan Bank Indonesia Purwokerto, menjadi langkah strategis pada tahun 2023.

Terkini