Haleyora Power Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah Serentak di Seluruh Wilayah Kerja, Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Senin, 10 Juni 2024 | 15:35:16 WIB

Depok - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Haleyora Power (HP), anak perusahaan PLN, menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dengan menggelar aksi bersih dan pengolahan sampah secara serentak di seluruh wilayah kerjanya di Sumatera dan Jawa. Kegiatan utama dipusatkan di bantaran sungai Ciliwung, Depok, dengan melibatkan 185 pegawai sebagai sukarelawan, serta berkolaborasi dengan PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang).

Plt Direktur Utama HP, Isral, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen PLN Group dalam melestarikan lingkungan dan menjaga ekosistem alam. "Aksi bersih dan olah sampah ini menjadi bukti nyata kontribusi positif Haleyora Power bagi lingkungan hidup," ujar Isral.

Lebih lanjut, Isral menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari program perusahaan untuk mendorong seluruh pegawai terlibat dalam aksi kepedulian sosial, lingkungan, dan kemasyarakatan. "Kami ingin pegawai tidak hanya profesional dalam pekerjaan, tetapi juga memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Harapannya, ini dapat mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12 tentang konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab," tambahnya.

Dukungan terhadap inisiatif ini juga datang dari pemerintah setempat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, yang diwakili oleh staff bidang Pengendalian, Pencemaran dan Penataan Lingkungan, Indarji Hermawan, mengapresiasi langkah proaktif Haleyora Power. "Terima kasih atas aksi nyata seluruh pegawai Haleyora Power dalam menjaga ekosistem sungai Ciliwung. Sungai ini adalah sumber kehidupan bagi warga, dan menjaga kelestariannya adalah tanggung jawab kita bersama," ucap Indarji.

Kegiatan ini juga melibatkan Srikandi HP, kelompok karyawati HP, yang mengikuti workshop pengolahan sampah anorganik bersama komunitas Wangi Bumi Nusantara. Selain itu, sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), HP memberikan bantuan alat pengolahan sampah berupa mesin jahit dan mesin press sampah plastik kepada Wangi Bumi Nusantara untuk meningkatkan nilai ekonomi sampah menjadi barang berdaya guna.

Melalui aksi nyata ini, Haleyora Power menegaskan komitmennya dalam menjaga lingkungan dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain dan masyarakat luas untuk turut berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Terkini