PLN dan Haleyora Power Perkuat Infrastruktur Listrik di RSUD Rupit, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:50:03 WIB

Musi Rawas Utara - Responsif terhadap arahan Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan layanan kelistrikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan, PLN dan Haleyora Power (HP) telah berhasil menanggapi dengan serius. Dengan menggandeng HP, PLN berhasil menyelesaikan tugas tersebut dengan melaksanakan perbaikan jangka pendek dan jangka panjang, sesuai dengan arahan dari Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Darmawan menjelaskan bahwa PLN telah melakukan pengecekan dan analisis kondisi lapangan. Ia menyatakan bahwa penurunan keandalan pasokan listrik disebabkan oleh jarak jaringan distribusi yang sangat panjang, mencapai 70 kilometer, dengan rute yang melintasi perbukitan dan perkebunan.

"Untuk solusi cepat, kami telah menangani ketidakstabilan tegangan dan penurunan keandalan di RSUD dengan memasang infrastruktur penunjang, termasuk Automatic Change Over Switch (ACOS), serta meningkatkan pasokan listrik dengan menambah jalur penyulang menjadi dua," ungkap Darmawan. "Kami juga menambah jaringan khusus untuk RSUD, memungkinkan penyelesaian masalah ini dalam waktu yang cepat."

Darmawan menambahkan bahwa untuk memastikan keandalan listrik yang stabil di Musi Rawas Utara, PLN juga meningkatkan infrastruktur gardu hubung menggunakan kapasitor, meningkatkan keandalan pasokan listrik secara signifikan.

Tidak hanya menawarkan solusi jangka pendek, PLN juga mempersiapkan solusi jangka panjang dengan menambah infrastruktur gardu induk dan transmisi. Ini diharapkan akan meningkatkan keandalan dan kualitas pasokan listrik secara permanen di seluruh Kabupaten Musi Rawas Utara.

Plt Direktur Utama HP, Isral, menegaskan komitmennya untuk terus mendukung PLN dalam menangani tantangan operasional, termasuk peningkatan keandalan listrik di RSUD Rupit. "Kami berkomitmen dan sepenuhnya mendukung PLN dalam menangani tantangan operasional seperti peningkatan keandalan listrik di RSUD Rupit ini. Dengan upaya ini, kami berharap dapat mempermudah akses listrik bagi masyarakat dan meningkatkan pelayanan kesehatan di Musi Rawas Utara," ungkap Isral.

Terkini