ASDP Gandeng Komunitas untuk Bersihkan 1,2 Ton Sampah di Ciliwung: Wujudkan Sungai Bersih dan Lestari

Rabu, 06 Maret 2024 | 16:18:26 WIB

JAKARTA- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan aksi nyata membersihkan Sungai Ciliwung bersama Komunitas Ciliwung Depok. Kegiatan bertajuk "Bebenah Ciliwung" ini merupakan wujud kepedulian ASDP terhadap lingkungan dan komitmen untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

Sebanyak 1.214,5 kg sampah berhasil dikumpulkan dalam waktu 45 menit dari bantaran Sungai Ciliwung. Sampah yang terkumpul didominasi oleh plastik, botol minuman, dan styrofoam.

Kegiatan ini melibatkan 50 orang dari komunitas Ciliwung Depok dan 20 karyawan ASDP yang tergabung dalam Ferizyan (ASDP Volunteer). Mereka bahu-membahu membersihkan sampah di sepanjang bantaran sungai.

Selain membersihkan sampah, ASDP juga melakukan kampanye bebas sampah dan edukasi lingkungan kepada masyarakat. Tim ASDP membagikan brosur dan poster berisi tips pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Anak-anak di sekitar lokasi kegiatan juga diajak untuk bermain games edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Bagi ASDP, HPSN bukan hanya seremonial, tapi momentum untuk meningkatkan kesadaran tentang pengelolaan sampah berkelanjutan," ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin.

ASDP juga telah mengimplementasikan program TJSL lain seperti Reverse Vending Machine (RVM), penanaman pohon di seluruh cabang, dan Ocean Clean Up Day.

"ASDP yakin menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya tanggung jawab perusahaan, tapi juga wujud nyata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melindungi warisan alam bagi generasi mendatang," kata Shelvy.

ASDP berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk komunitas lokal, pemerintah, dan organisasi non-profit, untuk mencapai tujuan ini dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Kerjasama multipihak sangat penting untuk mewujudkan Sungai Ciliwung yang bersih dan lestari," ujar Shelvy.

Terkini