Libur Waisak Picu Lonjakan Penumpang di Danau Toba, ASDP Tambah Trip Kapal Ferry hingga Tengah Malam

Selasa, 11 Juni 2024 | 09:08:44 WIB

JAKARTA - Libur panjang Hari Raya Waisak memicu lonjakan penumpang dan kendaraan di lintasan penyeberangan Ajibata-Ambarita di kawasan Danau Toba. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat tiket ferry untuk Kamis (23/5) telah ludes terjual, mendorong perusahaan untuk menambah trip kapal ferry hingga tengah malam guna mengakomodasi permintaan yang tinggi.

"Kami melihat antusiasme masyarakat yang menyeberang sangat tinggi di long weekend ini. Jumlah penumpang meningkat hampir 2 kali lipat dibanding hari biasa baik yang menyeberang dari Ajibata maupun Ambarita," jelas Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin.

Untuk mengatasi lonjakan ini, ASDP memperpanjang jadwal penyeberangan yang biasanya berakhir pukul 18.00 menjadi hingga tengah malam dengan keberangkatan terakhir pada pukul 23.15, menggunakan KMP. Pora Pora dan KMP Ihan Batak.

Data menunjukkan peningkatan signifikan jumlah penumpang dari Pelabuhan Ajibata pada Kamis (23/5) mencapai 2.028 orang, hampir dua kali lipat dibandingkan hari sebelumnya yang hanya 1.029 orang.

Sementara itu, di lintasan Merak-Bakauheni, ASDP mencatat 34.375 orang penumpang dan 9.010 unit kendaraan meninggalkan pulau Jawa menuju Sumatera pada Kamis (23/5). Jumlah ini meningkat sekitar 50 persen dibandingkan rata-rata harian.

"Prediksinya kemarin, angka produksi kendaraan periode Hari Raya Waisak akan naik hingga delapan ribuan pada hari Kamis (23/5), namun tidak akan meningkat jauh seperti pada saat Idul Fitri di atas 10 ribu unit. Diperkirakan akan kembali terjadi peningkatan pada Minggu (26/5) saat arus balik libur panjang," ungkap Shelvy.

ASDP memastikan ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk memadai. Di Pelabuhan Merak, tersedia 50 unit toll gate dan vending machine, 140 unit CCTV, 3 lokasi posko kesehatan, lebih dari 120 unit toilet, dan kapasitas kapal per harinya mampu mengangkut hingga lebih dari 39.000 unit kendaraan kecil.

ASDP terus memantau situasi dan akan melakukan penambahan trip ekstra jika diperlukan untuk memastikan pelayanan optimal bagi pengguna jasa.

Terkini