Antusiasme Tinggi, ASDP Tambah Trip Ferry Ajibata-Ambarita

Minggu, 09 Juni 2024 | 08:25:09 WIB

JAKARTA - Libur panjang Hari Raya Waisak memicu lonjakan penumpang yang signifikan di lintasan penyeberangan Ajibata-Ambarita di Kawasan Danau Toba. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat tiket kapal ferry untuk Kamis (23/5) ludes terjual, mendorong perusahaan untuk menambah trip layanan hingga tengah malam.

Jumlah penumpang dari Pelabuhan Ajibata meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan hari biasa, mencapai 2.028 orang pada Kamis (23/5) dibandingkan 1.029 orang pada Rabu (22/5). Untuk mengatasi lonjakan ini, ASDP memperpanjang jadwal penyeberangan kapal ferry hingga pukul 23.15, menggunakan KMP. Pora Pora dan KMP Ihan Batak.

"Antusiasme masyarakat yang menyeberang sangat tinggi di long weekend ini," jelas Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin. "Kami akan terus memantau situasi dan mengupayakan optimalisasi pelayanan bagi pengguna jasa."

Arus Penyeberangan Merak-Bakauheni Normal Lancar

Sementara itu, di lintasan Merak-Bakauheni, ASDP mencatat 34.375 orang penumpang dan 9.010 unit kendaraan meninggalkan pulau Jawa menuju Sumatera pada Kamis (23/5). Meskipun terjadi kenaikan sekitar 50 persen dibandingkan rata-rata harian, arus penyeberangan tetap berjalan lancar.

ASDP memprediksi peningkatan jumlah kendaraan akan terjadi kembali pada Minggu (26/5) saat arus balik libur panjang. Shelvy Arifin menegaskan bahwa ASDP telah memastikan ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Dengan 66 unit kapal ferry yang siap beroperasi di lintas Merak-Bakauheni, ASDP optimis dapat melayani lonjakan penumpang dengan baik. 28 unit kapal siap melayani per 24 jam dengan trip rata-rata mencapai total 105-112 trip per harinya. ASDP terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa selama libur panjang ini.

Terkini