Lonjakan Penumpang Terjadi di Danau Toba, ASDP Tambah Trip Kapal Ferry hingga Tengah Malam

Minggu, 09 Juni 2024 | 08:24:43 WIB

JAKARTA - Libur panjang Hari Raya Waisak memicu lonjakan penumpang yang signifikan di lintasan penyeberangan Ajibata-Ambarita di Kawasan Danau Toba. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat tiket ferry untuk Kamis (23/5) ludes terjual, mendorong perusahaan untuk menambah trip layanan hingga tengah malam.

Jumlah penumpang dari Pelabuhan Ajibata melonjak hingga 97% pada Kamis (23/5) dibandingkan hari sebelumnya, mencapai 2.028 orang. "Data mencatat, tiket selama 1 hari kemarin sold out. Kami lihat antusiasme masyarakat yang menyeberang sangat tinggi di long weekend ini," jelas Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin.

Untuk mengakomodasi lonjakan ini, ASDP memperpanjang jadwal penyeberangan kapal ferry yang biasanya berakhir pukul 18.00 hingga tengah malam, dengan jadwal keberangkatan terakhir pada pukul 23.15. Penambahan jadwal ini dilayani oleh KMP Pora Pora dan KMP Ihan Batak.

Arus Penyeberangan Jawa-Sumatera Normal Lancar

Sementara itu, trafik penyeberangan Jawa-Sumatera melalui Pelabuhan Merak dan Bakauheni pada periode libur Waisak tercatat normal dan lancar. Meskipun terjadi kenaikan jumlah kendaraan sekitar 50% dibandingkan rata-rata harian, ASDP memastikan kapasitas kapal dan pelabuhan mencukupi.

Shelvy Arifin menambahkan, "Prediksinya kemarin, angka produksi kendaraan periode Hari Raya Waisak akan naik hingga delapan ribuan pada hari Kamis (23/5), namun tidak akan meningkat jauh seperti pada saat Idul Fitri di atas 10 ribu unit. Diperkirakan akan kembali terjadi peningkatan pada Minggu (26/5) saat arus balik libur panjang."

ASDP juga memastikan ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk yang telah ditingkatkan sejak sebelum layanan Angkutan Lebaran pada April lalu.

Terkini