Tingkatkan Produktivitas Bank Sampah: PT Haleyora Power Menyerahkan Bantuan Alat Pengolahan Sampah Plastik

Sabtu, 08 Juni 2024 | 10:09:08 WIB

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional tahun 2024, PT Haleyora Power (HP) telah menyerahkan bantuan yang bernilai tinggi kepada yayasan Wangi Bumi Nusantara (WBN) dengan tujuan meningkatkan produktivitas bank sampah. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), HP menyampaikan mesin press dan jahit untuk pengolahan sampah plastik. Kegiatan ini diadakan secara serentak dengan Employee Green Involvement di seluruh wilayah kerja HP, yang dipusatkan di bantaran sungai Ciliwung, Depok.

Plt Direktur Utama HP, Isral, menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam melestarikan lingkungan dan memberikan kontribusi positif. Sebagai bagian dari PLN Group, HP berupaya aktif untuk memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah plastik yang efektif. "Hari ini, kami menyerahkan bantuan berupa mesin press dan jahit kepada yayasan WBN. Ini adalah bukti komitmen kami untuk melestarikan lingkungan," ujar Isral.

Menurut Isral, pengelolaan sampah plastik yang efisien bukan hanya tentang memenuhi indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), tetapi juga tentang menciptakan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat. "Kami berharap bantuan ini dapat membantu Yayasan WBN dalam mengelola sampah plastik menjadi barang berdaya guna sehingga dapat berpotensi menambah pendapatan bagi masyarakat," tambahnya.

Sekretaris WBN, Renia Ekawati, menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh HP. Dengan alat pengolahan yang diberikan, WBN yakin dapat meningkatkan produksi dan memanfaatkan sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomis. "Kami berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Haleyora Power. Nantinya, mesin ini akan kami gunakan untuk mengolah dan memanfaatkan lebih banyak lagi jenis sampah plastik menjadi barang kerajinan dan bernilai ekonomis, serta dapat meningkatkan pemberdayaan dan partisipasi perempuan di kota Depok," ungkap Renia.

WBN merupakan kolaborator dalam pengelolaan sampah plastik PT HP yang aktif melakukan sosialisasi, edukasi, produksi, dan pelatihan daur ulang sampah plastik di 11 kecamatan di kota Depok. Dengan bantuan ini, diharapkan produktivitas bank sampah dapat ditingkatkan, manfaat ekonomis dari sampah plastik dapat dioptimalkan, dan kontribusi terhadap lingkungan dapat semakin signifikan.

Terkini