Aksi Bersih Ciliwung oleh Haleyora Power di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sabtu, 08 Juni 2024 | 10:08:23 WIB

Depok - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Haleyora Power (HP) menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dengan menggelar aksi bersih dan pengolahan sampah di seluruh wilayah kerjanya di Sumatera dan Jawa. Kegiatan yang dipusatkan di bantaran sungai Ciliwung, Depok, ini merupakan inisiatif dari PLN Group sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Plt Direktur Utama HP, Isral, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen Haleyora Power dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12 tentang konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

"Kegiatan ini tidak hanya tentang membersihkan lingkungan, tetapi juga tentang mengubah cara pandang dan perilaku kita terhadap sampah. Kami ingin mendorong seluruh pegawai untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan," ujar Isral.

Sebanyak 185 pegawai HP dari berbagai wilayah turut serta sebagai sukarelawan dalam kegiatan ini. Mereka tidak hanya membersihkan sampah di bantaran sungai Ciliwung, tetapi juga belajar mengolah sampah menjadi barang bernilai guna melalui workshop yang diselenggarakan bersama komunitas Wangi Bumi Nusantara.

Dukungan terhadap kegiatan ini juga datang dari pemerintah setempat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, yang diwakili oleh staff bidang Pengendalian, Pencemaran dan Penataan Lingkungan, Indarji Hermawan, mengapresiasi langkah proaktif Haleyora Power dalam menjaga ekosistem sungai Ciliwung.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Haleyora Power dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai Ciliwung. Ini adalah contoh nyata bagaimana perusahaan dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup," ujar Indarji.

Selain kegiatan bersih-bersih dan workshop, Haleyora Power juga memberikan bantuan alat pengolahan sampah berupa mesin jahit dan mesin press sampah plastik kepada komunitas Wangi Bumi Nusantara. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi sampah dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Dengan semangat Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Haleyora Power berkomitmen untuk terus melakukan aksi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, perusahaan berharap dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi lingkungan dan masyarakat.

Terkini