Haleyora Power Ajak 185 Pegawai Bersihkan dan Olah Sampah di Seluruh Wilayah Kerja, Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sabtu, 08 Juni 2024 | 10:08:17 WIB

Depok - Haleyora Power (HP), anak perusahaan PLN, menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dengan menggelar aksi bersih dan pengolahan sampah di seluruh wilayah kerjanya di Sumatera dan Jawa. Kegiatan ini dilakukan serentak pada Rabu (5/6), bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dan dipusatkan di bantaran sungai Ciliwung, Depok.

Plt Direktur Utama HP, Isral, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen PLN Group dalam melestarikan lingkungan dan menjaga ekosistem alam. "Sebagai bagian dari PLN Group, Haleyora Power ingin memberikan kontribusi positif bagi lingkungan hidup melalui aksi nyata," ujarnya.

Aksi bersih dan pengolahan sampah ini melibatkan 185 pegawai HP yang menjadi sukarelawan (volunteer). Mereka tidak hanya membersihkan sampah, tetapi juga belajar mengolah sampah menjadi barang bernilai guna. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari program perusahaan untuk mendorong seluruh pegawai dalam aksi-aksi kepedulian sosial, lingkungan, dan kemasyarakatan.

"Kami ingin mendorong pegawai untuk tidak hanya menjalankan profesionalitas pekerjaannya saja, tetapi juga menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan," tambah Isral. Dengan melibatkan pegawai secara langsung, HP berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mendorong perubahan perilaku menuju konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12.

Dukungan terhadap kegiatan ini juga datang dari pemerintah setempat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, yang diwakili oleh staf bidang Pengendalian, Pencemaran dan Penataan Lingkungan, Indarji Hermawan, mengapresiasi langkah Haleyora Power dalam menjaga ekosistem sungai Ciliwung. "Sungai Ciliwung adalah sumber kehidupan bagi warga Depok, dan menjaga kelestariannya adalah tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Selain aksi bersih sungai, kegiatan ini juga melibatkan Srikandi HP, kelompok perempuan karyawan HP, yang mengikuti workshop pengolahan sampah anorganik bersama komunitas Wangi Bumi Nusantara. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), HP juga memberikan bantuan alat pengolahan sampah berupa mesin jahit dan mesin press sampah plastik kepada Wangi Bumi Nusantara. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi sampah dan memberdayakan masyarakat sekitar.

Dengan melibatkan seluruh wilayah kerja dan berbagai pihak, Haleyora Power menunjukkan komitmennya yang kuat terhadap pelestarian lingkungan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain dan masyarakat luas untuk turut berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Terkini