Kolaborasi Lingkungan: Haleyora Power dan Masyarakat Bersihkan Ciliwung

Sabtu, 08 Juni 2024 | 10:08:14 WIB

Depok - Haleyora Power (HP), anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang operasi dan pemeliharaan kelistrikan, merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menggelar aksi bersih dan pengolahan sampah di seluruh wilayah kerjanya di Sumatera dan Jawa. Kegiatan yang dipusatkan di bantaran sungai Ciliwung, Depok ini melibatkan 185 pegawai HP sebagai relawan dan berkolaborasi dengan PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang).

Plt Direktur Utama HP, Isral, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen PLN Group dalam melestarikan lingkungan dan menjaga ekosistem alam. "Sebagai bagian dari PLN Group, kami merasa bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama di wilayah kerja kami," ujar Isral.

Aksi bersih dan pengolahan sampah ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan lingkungan, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian pegawai terhadap lingkungan. "Kami ingin mendorong pegawai untuk tidak hanya menjalankan profesionalitas pekerjaannya saja, namun juga dapat menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab untuk lingkungannya," imbuh Isral.

Kegiatan ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Dengan mengolah sampah menjadi barang bernilai guna, HP turut berkontribusi dalam mengurangi limbah dan menciptakan ekonomi sirkular.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, yang diwakili oleh staf bidang Pengendalian, Pencemaran dan Penataan Lingkungan, Indarji Hermawan, mengapresiasi langkah Haleyora Power dalam menjaga ekosistem sungai Ciliwung. "Sungai Ciliwung adalah sumber kehidupan bagi warga Depok, dan menjaga kelestariannya adalah tanggung jawab kita bersama," ungkapnya.

Selain aksi bersih sungai, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh workshop pengolahan sampah anorganik yang diikuti oleh Srikandi HP, kelompok perempuan karyawan HP, bersama komunitas Wangi Bumi Nusantara. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), HP juga menyerahkan bantuan alat pengolahan sampah berupa mesin jahit dan mesin press sampah plastik kepada Wangi Bumi Nusantara.

Dengan semangat kolaborasi dan kepedulian terhadap lingkungan, Haleyora Power telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian bumi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain dan masyarakat luas untuk turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup.

Terkini