PLN Haleyora Power (HP) Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Aksi Bersih Sungai Ciliwung dan Pemberdayaan Masyarakat

Jumat, 07 Juni 2024 | 09:51:02 WIB

Depok - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, Haleyora Power (HP), anak perusahaan PLN, menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dengan menggelar aksi bersih dan pengolahan sampah di bantaran sungai Ciliwung, Depok. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari PLN Group sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap lingkungan dan ekosistem alam.

Plt Direktur Utama HP, Isral, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen Haleyora Power untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan hidup. "Sebagai bagian dari PLN Group, kami merasa bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama di wilayah kerja kami," ujar Isral.

Tidak hanya aksi bersih sungai, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi 185 pegawai HP dari seluruh wilayah kerja di Sumatera dan Jawa untuk menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Melalui kegiatan ini, HP juga turut mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Dukungan terhadap kegiatan ini juga datang dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Indarji Hermawan, staf bidang Pengendalian, Pencemaran dan Penataan Lingkungan DLHK Kota Depok, mengapresiasi langkah Haleyora Power dalam menjaga ekosistem sungai Ciliwung. "Sungai Ciliwung adalah sumber kehidupan bagi warga Depok, dan menjaga kelestariannya adalah tanggung jawab kita bersama," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Srikandi HP, kelompok perempuan karyawan HP, juga turut berpartisipasi dengan mengikuti workshop pengolahan sampah anorganik bersama komunitas Wangi Bumi Nusantara. Selain itu, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), HP juga memberikan bantuan alat pengolahan sampah berupa mesin jahit dan mesin press sampah plastik kepada Wangi Bumi Nusantara. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi sampah dan memberdayakan masyarakat sekitar.

Dengan aksi nyata dan kolaborasi bersama berbagai pihak, Haleyora Power telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, tetapi juga memberdayakan masyarakat dan mendukung pencapaian SDGs.

Terkini