ASDP Ajak Komunitas Ciliwung Bersatu Melawan Sampah: Aksi Nyata untuk Lingkungan Bersih dalam Rangka HPSN 2024

Jumat, 08 Maret 2024 | 17:41:38 WIB

JAKARTA-PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan langkah konkret dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dengan kolaborasi bersama Komunitas Ciliwung Depok. Kegiatan "Bebenah Ciliwung" merupakan bagian dari upaya tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan. Melalui kegiatan ini, ASDP tidak hanya merayakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan bahwa Indonesia menghasilkan sekitar 17,7 juta ton sampah per tahun, dengan sekitar 33,1% belum terkelola. Dengan meningkatnya konsumsi sampah plastik, langkah ASDP sejalan dengan komitmen untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama pada Lingkungan dan Penggunaan Plastik.

Kegiatan pembersihan Sungai Ciliwung, kampanye bebas sampah, dan pelepasan ikan khas Ciliwung merupakan bagian dari upaya ini. Melibatkan komunitas dan volunteer, termasuk karyawan ASDP, ASDP berhasil mengumpulkan 1.214,5 kg sampah selama kurang lebih 45 menit. Selain itu, perusahaan juga telah mengimplementasikan program TJSL lainnya seperti Reverse Vending Machine (RVM) dan penanaman pohon.

Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, ASDP meyakini bahwa menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melindungi warisan alam bagi generasi mendatang. Dengan terus berkomitmen pada aksi nyata dan kerjasama dengan komunitas dan pemerintah, ASDP bertekad untuk memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Terkini