Persiapan Musim Mudik 2024: ASDP Yakin Pelabuhan Merak Akan Layani Pemudik dengan Lancar

Minggu, 10 Maret 2024 | 02:45:50 WIB

JAKARTA-Sebagai persiapan menyongsong musim mudik Lebaran 2024, Korps Lalu Lintas Polri, Kementerian Perhubungan, BPTD, dan para stakeholder terkait telah melakukan peninjauan lapangan di Pelabuhan Merak. Menurut Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso, setelah dilakukan pengecekan lapangan, pelabuhan tersebut siap untuk melayani angkutan Lebaran tahun ini.

Brigjen Slamet menegaskan bahwa pada angkutan Lebaran tahun ini, pelabuhan Merak akan menerapkan pola operasi serupa dengan tahun sebelumnya, dengan pembagian golongan kendaraan untuk mengantisipasi kemacetan di area pelabuhan. GM ASDP Cabang Merak, Suharto, juga menyampaikan bahwa kapasitas parkir dan dermaga pelabuhan telah ditingkatkan untuk mengakomodasi jumlah kendaraan yang lebih besar.

Selain itu, terkait dengan pembelian tiket kapal ferry, Brigjen Slamet mengimbau agar pengguna jasa telah memiliki tiket sebelum berangkat mudik, mengingat adanya kebijakan batas maksimum pembelian tiket di radius tertentu dari pelabuhan. Sebagai langkah antisipasi, ASDP telah menyiapkan tenaga pelayanan di beberapa titik luar pelabuhan sebagai buffer zone untuk mengatasi kepadatan arus pemudik yang belum memiliki tiket.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menegaskan pentingnya pembelian tiket secara online sebelum keberangkatan untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan selama penyeberangan. Dengan membuka penjualan tiket online Ferizy sejak 60 hari sebelum keberangkatan, ASDP berupaya memastikan perjalanan pemudik menjadi lebih terjamin, aman, dan nyaman.

Dengan upaya-upaya ini, Pelabuhan Merak siap untuk melayani pemudik dengan lebih baik dan efisien pada musim mudik Lebaran 2024.

Terkini