Jamin Keamanan Layanan Pemudik Ferry, Menkopolhukam: Sebut Telah Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

Senin, 01 April 2024 | 14:12:08 WIB

Merak, 1 April 2024 — Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, didampingi Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Agus Subiyanto, melakukan tinjauan di Pelabuhan Merak, Banten, pada Senin (1/4) untuk memastikan kesiapan dan keamanan selama pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H di lintas penyeberangan tersibuk Merak-Bakauheni yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

Dalam tinjauannya, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto memastikan bahwa pos keamanan, pos layanan, dan pos terpadu telah disiapkan dengan baik di sepanjang jalur mudik menuju Merak. "Kesiapan yang telah dilaksanakan ini akan menjamin keamanan para pemudik. Hari ini sudah dikoordinasikan dan diuji coba, semua sudah dalam kondisi baik," jamin Hadi.

Hadi mengimbau para pemudik untuk menggunakan rest area dan fasilitas yang telah disediakan, seperti layanan kesehatan, pusat informasi, dan hiburan, agar dapat istirahat dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

"Pasukan gabungan dari TNI, Polri, ormas, dan Pramuka juga turut membantu menjaga kelancaran mudik," tambahnya.

Hadi juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo yang mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal sebagai antisipasi kepadatan kendaraan.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menekankan potensi kejadian darurat di lapangan saat arus mudik, mengingat lonjakan pemudik tahun ini diprediksi naik sebesar 15% dibandingkan tahun sebelumnya.

Listyo juga mengapresiasi upaya ASDP dalam meningkatkan prasarana, sarana, pelayanan, dan fasilitas di Pelabuhan Merak untuk menghadapi lonjakan penumpang.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengungkapkan fasilitas tambahan yang disediakan ASDP, seperti delaying system, sebagai kunci untuk mengurai arus kendaraan di kawasan pelabuhan apabila terjadi kepadatan selama musim mudik.

Sejumlah titik lokasi buffer zone di luar pelabuhan juga telah disiapkan ASDP sebagai delaying system, di mana tenaga pelayanan melakukan screening pengguna jasa yang belum memiliki tiket.

Kapolri Listyo menambahkan bahwa pihaknya mendukung imbauan Presiden untuk melakukan mudik lebih awal agar arus mudik berjalan lebih lancar.

Terkini