PLN Indonesia Power Membangun Kemitraan untuk Pelestarian Gajah Sumatra di Padang Sugihan

Sabtu, 02 Maret 2024 | 04:29:09 WIB

JAKARTA- PLN Indonesia Power (PLN IP), bagian dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), memperkuat komitmen terhadap pelestarian lingkungan dengan memberikan dukungan prasarana patroli bagi Pusat Latihan Gajah (PLG) Sumatra Padang Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif perusahaan untuk mendukung program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) serta memperkuat prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Melalui Memorandum of Understanding (MoU) antara PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Keramasan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatra Selatan sejak tahun 2021, PLN IP telah berkomitmen untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi kegiatan patroli darat dan air guna pengawasan dan pelestarian Gajah Sumatra di PLG Sumatra Padang Sugihan.

Ujang Wisnu Barata, Kepala Balai KSDA Provinsi Sumatra Selatan, menyampaikan apresiasi atas dukungan berkelanjutan dari PLN Indonesia Power dalam pelestarian Gajah Sumatra di Padang Sugihan. Kerja sama ini, yang merupakan bagian dari program TJSL PLN Peduli, telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konservasi fauna langka ini.

Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas patroli dan pemantauan di kawasan konservasi, PLN IP telah menyerahkan sarana dan prasarana patroli, termasuk kendaraan bermotor dan speedboat. Aryati, Vice President Corporate Communication and CSR PLN Indonesia Power, menyatakan bahwa ini adalah wujud nyata dari komitmen perusahaan dalam mendukung transformasi PLN menjadi lebih ramah lingkungan.

Djismun Kasrie, Mewakili Dewan Pertimbangan Proper, juga mengapresiasi langkah ini sebagai kontribusi penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan sebagai bagian dari upaya mencapai sertifikasi proper emas bagi PLN Indonesia Power UBP Keramasan.

Harapan besar dari kerja sama ini adalah dapat mengembangkan ekowisata di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, sehingga meningkatkan nilai ekonomi dan taraf hidup masyarakat setempat. Kerja sama antara BKSDA Sumsel dan PLN Indonesia Power UBP Keramasan merupakan langkah strategis untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan melestarikan warisan alam yang berharga bagi generasi mendatang.

Terkini