PLTU Labuan Tembus Rekor Produksi: 75,5 Juta kWh Green Energy Melampaui Target

Rabu, 13 Maret 2024 | 02:15:55 WIB

JAKARTA- PLN Indonesia Power (IP) Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Labuan telah mencatat pencapaian luar biasa dengan berhasil memproduksi 75,5 juta kWh listrik dari sumber energi ramah lingkungan (green energy). Angka ini melampaui target sebesar 42,2 juta kWh dengan kenaikan mencapai 179 persen. Capaian tersebut menegaskan komitmen PLN Indonesia Power dalam menerapkan cofiring untuk mencapai tujuan Net Zero Emission pada tahun 2060.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menjelaskan bahwa penerapan teknologi cofiring di PLTU Labuan, yang menggunakan biomassa sebagai bahan bakar utama, merupakan terobosan signifikan dalam upaya menurunkan emisi karbon di sektor kelistrikan. "Cofiring merupakan langkah inovatif PLN Indonesia Power dalam program dekarbonisasi nasional dan merupakan dukungan nyata terhadap visi Net Zero Emission 2060," ujarnya.

Edwin juga menambahkan bahwa hasil positif telah terlihat dari penerapan cofiring di PLTU Labuan, yang terbukti dengan produksi green energy mencapai 75,5 juta kWh, melebihi target sebesar 179 persen. Untuk mencapai angka tersebut, PLTU Labuan telah menggunakan 65.348 ton biomassa sawdust sebagai pengganti batu bara, dengan nilai kalori rata-rata mencapai 3046,6 kCal/kg.

Selain itu, PLN Indonesia Power juga terus berkomitmen dalam mendukung pengembangan energi hijau dan mencapai target porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada tahun 2025. "Kami terus berupaya mengembangkan green energy untuk mengurangi emisi karbon dalam sektor kelistrikan, dengan menerapkan cofiring sebagai salah satu Green Booster dengan investasi minimal," tambah Edwin.

Terkini