Optimasi Kesiapan Mudik Lebaran 2024, Kemenhub ASDP Pastikan Kelancaran dan Kepuasan Pemudik

Kamis, 07 Maret 2024 | 21:05:11 WIB

JAKARTA-Dalam upaya mendukung keamanan dan kelancaran angkutan Lebaran tahun 2024, Kementerian Perhubungan bersama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan mitra darat menggelar Rapat Kesiapan dan Penanganan Arus Mudik 2024. Kolaborasi antara kedua pihak ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kepuasan pemudik selama musim mudik Lebaran.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, kolaborasi antara ASDP dan pihak terkait menjadi kunci keberhasilan dalam memastikan kelancaran arus mudik. Strategi yang diterapkan merupakan pengembangan dari tahun sebelumnya, dengan penekanan pada perbaikan dan evaluasi yang terus menerus.

Dari sisi ASDP, Direktur Utama Ira Puspadewi menjelaskan beberapa langkah yang diambil untuk meningkatkan operasi angkutan Lebaran. Hal ini meliputi peningkatan kapasitas dermaga, penyediaan fasilitas seperti travelator, dan peningkatan armada kapal. Selain itu, penggunaan data trafik yang lebih akurat menjadi fokus untuk optimalisasi pengambilan keputusan.

Dalam rapat koordinasi, ASDP juga mengungkapkan implementasi Radius Batas (Geofencing) Pembelian Tiket dan upaya antisipasi antrian kendaraan melalui berbagai strategi, termasuk penggunaan rest area dengan penerapan delaying system atau buffer zone.

Melalui perluasan layanan online ticketing Ferizy dan pembatasan area penjualan tiket di sekitar pelabuhan, ASDP memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan bagi para pemudik. Pengguna disarankan untuk membeli tiket secara online sebelum H-1 keberangkatan untuk memastikan ketersediaan dan kenyamanan perjalanan.

Dengan sinergi antara Kemenhub, ASDP, dan mitra terkait, diharapkan Angkutan Lebaran tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan bagi seluruh pemudik.

Terkini