Proyek PLTMG Luwuk 40 MW: Capaian First Firing sebagai Langkah Kunci ke Arah Operasional Komersial

Minggu, 11 Februari 2024 | 20:44:20 WIB

JAKARTA-PT PLN (Persero) melalui anak perusahaannya, PT PLN Enjiniring (PLNE), bersama dengan PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi, berhasil melaksanakan First Firing pada Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Luwuk 40 MW pada Senin (5/2) di Desa Nonong, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pelaksanaan First Firing adalah salah satu tonggak penting dalam proyek pembangunan PLTMG, yang menandai penyalaan mesin pertama sebelum pembangkit dapat beroperasi secara komersial, menunjukkan bahwa progres proyek telah mencapai 97,21%.

Acara First Firing disaksikan oleh berbagai pihak, termasuk Asisten III Bidang Administrasi Umum, M. Sadly Lesnusa, Perwakilan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, dan Bupati Sulawesi Tengah, Amiruddin Tamoreka. Selain itu, turut hadir secara daring Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto, serta sejumlah eksekutif dan manajer dari PLN dan stakeholder terkait proyek PLTMG Luwuk.

Dalam laporan Chairani Rachmatullah selaku Direktur Utama PLNE, dipaparkan kemajuan dan tonggak penting dalam proyek PLTMG Luwuk. Chairani menekankan pentingnya sinergi antara berbagai entitas dalam PLN Group, termasuk PLNE, PLN UIP Sulawesi, PLN UPP Sulawesi Tengah, PLN PUSERTIF, dan PLN PUSMANPRO, dalam menyelesaikan proyek ini.

Terkini