PLN IP Bikin Terang Maluku! Nyalakan Listrik Sebesar 60 Mega Watt dari Pembangkit Apung Pertama

Minggu, 04 Februari 2024 | 14:22:57 WIB

JAKARTA- PLN Indonesia Power berhasil menyinkronisasi listrik dari Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara 1 ke sistem kelistrikan Ambon. Hal ini menambah pasokan listrik di Maluku sebesar 10 Mega Watt dan secara bertahap akan meningkat hingga 60 Mega Watt.

BMPP Nusantara 1 merupakan program strategis nasional dan pembangkit apung pertama di Indonesia yang merupakan karya anak bangsa. Pembangkit ini diharapkan dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi krisis listrik di wilayah Maluku.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen untuk menyediakan listrik terbaik dan menjadi bagian integrasi dalam mendorong kemajuan pembangunan di Maluku.

"Maluku potensinya luar biasa, baik alam maupun industri dan kekuatan masyarakatnya. Akses kelistrikan merupakan hak dasar untuk membangun wilayahnya," kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, PLN Indonesia Power telah berinovasi untuk melistriki wilayah Maluku dengan menyelesaikan BMPP Nusantara 1.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha mengatakan, BMPP Nusantara 1 diharapkan dapat beroperasi secara optimal di awal Maret 2024. Listrik tersebut akan memenuhi kebutuhan di Provinsi Maluku yang terhubung interkoneksi Sistem 150 kV.

"Dengan berhasilnya BMPP Nusantara 1 di sistem Ambon, kami berharap dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia," kata Edwin.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin mengatakan, BMPP Nusantara 1 merupakan teknologi yang tepat untuk sistem kelistrikan Ambon.

"Maluku punya potensi yang sangat luar biasa tetapi satu lagi kembali saya katakan energi listrik sangat kurang," kata Febry.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Maluku Abdul Haris mengatakan, BMPP Nusantara 1 akan memperkuat keandalan listrik di Ambon, Maluku dan secara tidak langsung meningkatkan kemandirian energi di Indonesia bagian timur.

"BMPP Nusantara 1 dipastikan akan semakin meningkatkan keandalan dan efisiensi sistem kelistrikan Ambon," ungkap dia.

Keberhasilan sinkronisasi BMPP Nusantara 1 ke sistem kelistrikan Ambon menunjukkan komitmen PLN untuk menghadirkan listrik berkualitas dan mendorong kemajuan pembangunan di Indonesia.

Terkini