Waskita Karya Siap Selesaikan 7 Proyek IKN di Semester I-2024

Senin, 22 Januari 2024 | 17:40:32 WIB

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berkomitmen untuk menyelesaikan tujuh proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada semester I-2024. Komitmen ini sejalan dengan agenda pemerintah untuk memulai pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN pada bulan Juli 2024.

Tujuh proyek yang dimaksud mencakup Jalan Logistik Lingkar Sepaku Segmen 4, Tol IKN Segmen 5A, Sekretariat Presiden beserta bangunan pendukungnya, Kementerian Koordinator 3, Kementerian Koordinator 4, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 123, dan Saluran Utilitas Terpadu (MUT) - 01.

"Waskita Karya sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. Melalui pembangunan proyek IKN, Waskita Karya turut mendukung pemerintah dalam menarik lebih banyak investasi di IKN dengan melengkapi sarana dan prasarana di IKN," ujar Direktur Utama PT Waskita Karya, Muhammad Hanugroho.

Selain ketujuh proyek tersebut, Waskita Karya juga tengah terlibat dalam 12 proyek lain di IKN dengan total nilai kontrak mencapai Rp 13,6 triliun. Porsi kontribusi dari Waskita Karya dalam proyek-proyek tersebut mencapai Rp 7,5 triliun.

Pada bulan Januari 2024, Waskita Karya mencatat perkembangan proyek yang signifikan dibandingkan dengan data September 2023. Detail progres proyek tersebut melibatkan Jalan Akses Lingkar Sepaku Seksi mencapai 95,23%, Jalan Tol IKN Segmen 5A sebesar 76,20%, Gedung Sekretariat Negara mencapai 55,04%, MUT-01 sebesar 56,12%.

Selanjutnya, ada Gedung Kemenko 3 mencapai 50,98%, Gedung Kemenko 4 sebesar 50,65%, Jalan Feeder District IKN mencapai 44,06%, Rumah Susun ASN 3 sebesar 26,83%, IPAL 1,2,3 KIPP IKN sebesar 14,65%, Jalan Nasional IKN Seksi 6C-1 mencapai 0,75%, Jalan Tol IKN Segmen 3B-2, dan Jalan Akses Bandara VVIP IKN yang baru saja menandatangani kontrak pada bulan Januari ini.

Hanugroho menyatakan bahwa sektor infrastruktur masih memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan seiring dengan tingginya kebutuhan akan infrastruktur di Indonesia, serta sebagai dukungan untuk pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Waskita Karya berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan infrastruktur di masa mendatang.

Komitmen Waskita Karya untuk mempercepat pembangunan proyek IKN, lanjut Hanugroho, juga sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaksanakan upacara peringatan HUT RI 17 Agustus 2024 di IKN.

Waskita Karya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk memastikan pembangunan proyek IKN berjalan lancar dan sesuai dengan target.

Terkini