PLN Enjiniring Inovasi SPKLU PLN EYE untuk Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 17 Januari 2024 | 22:52:11 WIB

PT PLN (Persero), khususnya melalui divisi PLN Enjiniring, terus berinovasi untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Salah satu inovasi terbaru yang dilakukan PLN Enjiniring adalah PLN EYE, yaitu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang memanfaatkan tiang listrik PLN.

PLN EYE merupakan inovasi unik yang dapat menyediakan EV Charger dengan memanfaatkan infrastruktur tiang listrik PLN yang sudah ada. Hal ini tentu saja dapat menghemat biaya dan waktu pembangunan SPKLU.

PLN EYE memiliki dua tipe kapasitas, yaitu 7 kW dan 22 kW. PLN Enjiniring berkomitmen untuk melakukan asessment dan perbaikan sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU Pole Mounted Charging.

Selain itu, PLN juga memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk menemukan SPKLU PLN melalui SuperApp PLN Mobile. Dengan aplikasi tersebut, pengguna EV dapat dengan mudah menemukan SPKLU PLN terdekat.

PLN Enjiniring telah berhasil memasang tiga prototipe SPKLU PLN EYE di Indonesia, yaitu dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat dan satu di Sekolah Dasar Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

PLN EYE disambut dengan antusias oleh masyarakat, terutama oleh pengguna kendaraan listrik. Inovasi ini dinilai sangat membantu dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

PLN EYE memiliki beberapa keunggulan dibandingkan SPKLU konvensional, yaitu hemat biaya dan waktu pembangunan. PLN EYE memanfaatkan infrastruktur tiang listrik PLN yang sudah ada, sehingga tidak perlu membangun infrastruktur baru. Hal ini tentu saja dapat menghemat biaya dan waktu pembangunan SPKLU. Lebih ramah lingkungan. PLN EYE menggunakan energi listrik yang berasal dari pembangkit listrik PLN yang sebagian besar menggunakan energi terbarukan. Hal ini tentu saja lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil.

Kemudian, juga lebih mudah ditemukan. PLN EYE dapat ditemukan di lokasi-lokasi strategis yang sudah memiliki tiang listrik PLN, seperti di jalan raya, perkantoran, dan tempat-tempat umum lainnya. Hal ini tentu saja lebih mudah ditemukan oleh pengguna kendaraan listrik. Potensi PLN EYE

PLN EYE memiliki potensi yang besar untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan memanfaatkan infrastruktur tiang listrik PLN yang sudah ada, PLN EYE dapat dengan cepat dan mudah dibangun di berbagai lokasi. Hal ini tentu saja dapat memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam mengisi daya baterai kendaraannya.

PLN berkomitmen untuk terus mengembangkan PLN EYE dan menjadikannya sebagai solusi utama dalam penyediaan infrastruktur pengisian kendaraan listrik di Indonesia.

Terkini