PLN Lakukan Inovasi Terbaru, Hadirkan SPKLU Berbasis Tiang Listrik

Selasa, 16 Januari 2024 | 21:38:25 WIB

JAKARTA-PLN terus berinovasi untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Terbaru, PLN menghadirkan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) berbasis tiang listrik. Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk mengisi daya baterai kendaraannya.

PLN EYE, demikian nama SPKLU berbasis tiang listrik ini, sudah terpasang di tiga lokasi di Jakarta. Dua lokasi berada di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat dan satu lokasi berada di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

PLN EYE tersedia dalam dua tipe kapasitas, yaitu 7 kW dan 22 kW. Kapasitas 7 kW cocok untuk mengisi daya kendaraan listrik dengan baterai kecil, seperti mobil listrik kompak. Sementara itu, kapasitas 22 kW cocok untuk mengisi daya kendaraan listrik dengan baterai besar, seperti mobil listrik SUV.

PLN EYE dapat ditemukan dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile. Pengguna kendaraan listrik cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu electric vehicle, maka otomatis keberadaan SPKLU PLN yang terdekat akan ditemukan.

Inovasi SPKLU berbasis tiang listrik ini merupakan upaya PLN untuk mempercepat akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. PLN berharap, inovasi ini dapat mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah merinci, saat ini sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi. Sebarannya yakni, dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Saat ini, terdapat dua tipe kapasitas SPKLU PLN EYE, yakni 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk Pole Mounted Charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun model masuk dalam tiang (tiang besi). Selanjutnya akan dilakukan asessment dan perbaikan sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU Pole Mounted Charging.

Chairani melanjutkan, berkat transformasi digital membuat keberadaan SPKLU PLN makin mudah untuk ditemukan dengan bantuan SuperApp PLN Mobile. Pengguna EV cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu electric vehicle maka otomatis keberadaan SPKLU PLN yang terdekat akan ditemukan.

Terkini