PLN Indonesia Power Percepat Transisi Energi dengan Meresmikan 12 Unit Pembangkit Hidrogen Hijau

Rabu, 13 Desember 2023 | 14:48:07 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power meresmikan 12 unit Pembangkit Hidrogen Hijau (GHP) di seluruh Indonesia. Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, pada hari Selasa (20 Juli 2023).

"Peresmian 12 unit GHP ini merupakan wujud komitmen kami untuk mempercepat transisi energi di Indonesia," ujar Edwin Nugraha Putra. PLN Indonesia Power meresmikan 12 unit Pembangkit Hidrogen Hijau (GHP) di seluruh Indonesia. Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, pada hari Selasa (20 Juli 2023).

GHP ini tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Dengan kapasitas produksi total sebesar 199 ton per tahun, GHP milik PLN Indonesia Power mampu memenuhi kebutuhan hidrogen untuk berbagai macam keperluan, termasuk bahan bakar untuk kendaraan listrik, bahan bakar cair untuk industri, dan kebutuhan hidrogen rumah tangga.

PLN Indonesia Power bertarget untuk meningkatkan kapasitas produksi GHP menjadi 1.000 ton per tahun pada tahun 2025. Hal ini menjadikan PLN Indonesia Power sebagai pemimpin dalam pengembangan hidrogen hijau di Indonesia.

GHP merupakan langkah strategis PLN untuk membangun rantai pasok hidrogen hijau pertama di Indonesia. Inisiatif hijau ini diharapkan mampu mengakselerasi transisi energi dan mencapai Net Zero Emissions (NZE) tahun 2060.

GHP besutan PLN ini diproduksi dengan menggunakan sumber daya dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang terdapat di area pembangkit. Selain dihasilkan dari PLTS yang terpasang, produksi hidrogen hijau ini juga menggunakan Renewable Energy Certificate (REC) yang berasal dari beberapa pembangkit Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Terkini