PLN IP UPDK Mahakam: Komitmen Lingkungan dan Ekonomi di Samarinda

Senin, 04 Desember 2023 | 13:56:09 WIB

JAKARTA-PLN Indonesia Power Unit Pembangkitan Daerah Kalimantan (UPDK) Mahakam terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan perekonomian dan menjaga lingkungan di Kota Samarinda. Hal ini terlihat dari sejumlah program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dijalankan perusahaan.

Salah satu program TJSL yang dijalankan PLN IP UPDK Mahakam adalah Restorasi Ekosistem Laut Muara Badak dengan melaksanakan Transplantasi Terumbu Karang. Program ini berhasil merestorasi terumbu karang yang sebelumnya rusak akibat pengeboman ikan, dan berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata.

Selain itu, PLN IP UPDK Mahakam juga terlibat aktif dalam pembinaan, peningkatan, dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini melibatkan sejumlah kegiatan seperti water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah, dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi.

Program-program TJSL ini sejalan dengan komitmen PLN IP UPDK Mahakam terhadap aspek Environmental, Social & Governance (ESG). ESG merupakan aspek penting bagi perusahaan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Upaya-upaya yang dilakukan PLN IP UPDK Mahakam dalam meningkatkan perekonomian dan menjaga lingkungan di Kota Samarinda patut diapresiasi. Program-program TJSL ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, tetapi juga bagi perusahaan itu sendiri.

Terkini