Bikin Bangga, PLN Indonesia Power Catat Rekor MURI dengan Uji Coba Cofiring Limbah Uang Kertas 100 Ton

Kamis, 14 Desember 2023 | 00:39:25 WIB

JAKARTA- PLN Indonesia Power PLTU Jateng 2 Adipala PGU berhasil mencatatkan rekor MURI atas penggunaan limbah racik uang kertas (LRUK) terbanyak, yakni mencapai 100 ton, sebagai bahan bakar cofiring dalam uji coba performa pada 1 November 2023.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menyampaikan, "Pencapaian ini merupakan langkah maju dalam upaya kami mendukung pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia. Uji coba cofiring LRUK ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk mengejar target bauran EBT sebesar 23 persen pada tahun 2025."

Limbah uang kertas 100 ton tersebut berasal dari berbagai cabang Bank Indonesia di Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, Purwokerto, Tasikmalaya, Cirebon, dan Tegal. Limbah ini sepenuhnya dibakar dalam satu hari sebagai bahan bakar boiler PLTU untuk menghasilkan listrik.

Sebelum LRUK, PLTU Adipala telah melakukan uji coba cofiring dengan bahan bakar alternatif lain sejak 2021, seperti wood pellet, sekam padi, dan serbuk gergaji.

Penggunaan LRUK sebagai bahan bakar cofiring merupakan langkah inovatif PLN Indonesia Power. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan bauran EBT dan berkontribusi pada penurunan emisi gas rumah kaca.

"Uji coba cofiring LRUK ini juga sejalan dengan komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan," tambah Edwin.

PLN Indonesia Power bertekad untuk terus berinovasi dalam pengembangan EBT dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Terkini