PLN IP Bentuk ITPLN sebagai Pusat Pengembangan SDM Unggul dalam Transisi Energi Terbarukan

Sabtu, 25 November 2023 | 03:59:29 WIB

JAKARTA-PLN (Persero) bersama PLN Indonesia Power dan subholding lainnya saat ini tengah menggarap fasilitas untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, yang akan menjadi pilar dalam pengembangan energi masa depan dan mendukung transisi energi di Indonesia. Pembangunan fasilitas dan infrastruktur di Institut Teknologi PLN (ITPLN) bertujuan meningkatkan standar kompetensi SDM dalam menghadapi tantangan transisi energi.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menyatakan bahwa keberadaan ITPLN mencerminkan strategi PLN Group dalam mengembangkan SDM, bukan hanya dengan membangun gedung, tetapi juga dengan mempersiapkan Indonesia untuk menghadapi transisi energi. Darmawan menekankan bahwa PLN Group dan Indonesia siap menghadapi transisi energi, dan ITPLN akan menjadi pilar kesiapan tersebut.

Melalui ITPLN, generasi muda didorong untuk berperan sebagai aktor utama dalam mempercepat transisi energi di Indonesia. Rektor ITPLN, Iwa Garniwa, mengapresiasi upaya PLN dalam menyiapkan para ahli di bidang energi dan teknologi untuk menyongsong era transisi energi. ITPLN sedang menjalani transformasi untuk menjadi perguruan tinggi kelas internasional yang modern, mandiri, dan unggul di bidang energi dan teknologi dengan berwawasan lingkungan.

Selain menjadi langkah persiapan menghadapi transisi energi, upaya ini juga merupakan kontribusi dari PLN Group dalam mendukung pemerintah untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan dengan memperkuat sumber daya manusia.

Terkini