PLN IP UPDK Mahakam: Aksi Nyata dalam Pelestarian Lingkungan dan Pengembangan Masyarakat

Kamis, 14 Desember 2023 | 11:39:21 WIB

JAKARTA- PLN Indonesia Power (PLN IP) UPDK Mahakam terus menunjukkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan dan pengembangan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Salah satu program TJSL yang dijalankan oleh PLN IP UPDK Mahakam adalah Restorasi Ekosistem Laut Muara Badak melalui Transplantasi Terumbu Karang. Program ini telah berhasil merestorasi terumbu karang yang rusak akibat pengeboman ikan di sepanjang pesisir Muara Badak. Peningkatan pertumbuhan terumbu karang mencapai 100 persen, yang berdampak pada pulihnya keindahan bawah laut Muara Badak dan peningkatan jumlah wisatawan sebanyak 133 persen.

Selain itu, PLN IP UPDK Mahakam juga aktif dalam kegiatan Pembinaan, Peningkatan, dan Penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini melibatkan sejumlah kegiatan, seperti water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah, dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi. Program ini telah berhasil meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola lingkungan dan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menjelaskan bahwa PLN IP berkomitmen untuk terus berinovasi, terutama melalui program CSR yang menciptakan Creating Shared Value (CSV) bagi korporasi dan masyarakat. Tujuannya adalah memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

“Setiap program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar Edwin

Terkini